Visi & Misi

VISI FAKULTAS TEKNIK DAN PS ARSITEKTUR UNIVERSITAS DWIJENDRA

 Visi Universitas Dwijendra adalah :

            “Terwujudnya Universitas Dwijendra sebagai Pusat Kegiatan Ilmiah yang Berguna, Berbudaya, Mandiri, dan Sejahtera.”

 VISI, MISI, SASARAN DAN TUJUAN FAKULTAS TEKNIK

  • Visi Fakultas Teknik Universitas Dwiejndra adalah :

“Menjadikan Fakultas Teknik Universitas Dwijendra sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia di bidang arsitektur yang berguna, berbudaya, mandiri di tingkat Nasional tahun 2025”

 Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Teknik Arsitektur Universitas Dwiejndra sebagai berikut :

  1. Mengembangkan sumber daya insani yang berguna di bidang keteknikan (arsitektur) melalui penyelenggaraan pendidikan akademik yang berkualitas.
  2. Mengembangkan arsitektur melalui penelitian inovatif dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat pengguna, khususnya dibidang konservasi dan .
  3. Mengamalkan hasil pengembangan ilmu kepada masyarakat.

 

Untuk lebih memperjelas makna dari rumusan visi tersebut, maka dipaparkan tentang pengertian dari beberapa kata kunci sebagai berikut :

  1. Berguna; berarti Fakultas Teknik Undwi secara terencana melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan SDM yang memiliki daya saing dan berguna dalam bidang keteknikan, di tingkat regional dan nasional.
  2. Berbudaya, berarti dalam melaksanakan proses pembelajaran, Fakultas Teknik Undwi berlandaskan nilai-nilai budaya luhur dengan memperhatikan nilai-nilai budaya regional serta menoleransi keragaman budaya. Dengan demikian diharapkan SDM yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dalam melaksanakan setiap aktivitas yang berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mandiri, berarti semua sumber daya manusia yang dihasilkan memiliki kepribadian yang tangguh, percaya diri, dan berdaya saing tinggi sehingga mampu mengembangkan diri secara mandiri.

Sebagai lembaga pendidikan FT Undwi memiliki otonomi dalam berbagai aspek, terutama dalam mengembangkan ilmu arsitektur.

  • Tujuan Fakultas Teknik Universitas Dwijendra :
  1. Menghasilkan Sarjana Teknik yang berjiwa mandiri dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang keteknikan.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian yang di bidang perekayasaan yang diakui secara nasioal dan internasional.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang perekayasaan yang dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia
  • Sasaran Fakultas Teknik dan strategi pencapaian Fakultas Teknik yaitu :
No Sasaran Strategi Kegiatan
1 Peningkatan kualitas kurikulum Pengembangan berkelanjutan ·    Peninjauan kurikulum 4 tahun sekali

·    Pembaharuan kurikulum mengikuti perkembangan dan tuntutan pengguna lulusan dan masyarakat

2 Peningkatan kualitas pross perkuliahan dan penilaian Perencanaan implementasi  dan evaluasi terpadu ·    Pengembangan silabus, RPS, dan bahan ajar.

·    Monitoring perkuliahan

·    Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa

·    Peningkatan kualitas bimbingan skripsi/tugas akhir, mekanisme ujian skripsi/tugas akhir, dan PKL

3 Peningkatan kualitas dosen dan karyawan Pengembangan kualitas secara terpadu ·     Pengiriman dosen untuk studi lanjut pada bidang yang relevan

·     Pengiriman dosen dan karyawan untuk mengikuti pelatihan

·    Peningkatan kualitas tulisan untuk jurnal yang terakreditasi

4 Peningkatan kualitas sarana, prasarana dan manajemen Mengutamakan azas manfaat ·     Pengadaan sarana dan  prasarana  ruang kuliah

·     Pengiriman staf  ke pelatihan-pelatihan

5 Peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa Meningkatkan kualitas pendampingan dosen ·     Pendampingan dalam penyusunan proposal kegiatan yang kompetitif

·     Penyelenggaraan pelatihan dasar-dasar manajemen organisasi

6 Peningkatan kerja sama Promosi keunggulan ·     Peningkatan kualitas produk hasil penelitian

·     Peningkatan kualitas dan  kuantitas kegiatan layanan

·     Peningkatan jejaring kerja sama

 

  • Visi Program Studi Arsitektur Universitas Dwijendra dirumuskan sebagai berikut :

“Terwujudnya Program Studi Arsitektur yang berguna, berbudaya, dan mandiri dalam menerapkan dan mengembangkan Ilmu Arsitektur di tingkat Regional dan Nasional pada tahun 2025”

 

Untuk lebih memperjelas makna dari rumusan visi tersebut, maka dipaparkan tentang pengertian dari beberapa kata kunci sebagai berikut :

Prodi Arsitektur yang Berguna

  1. Prodi Arsitektur FT Undwi secara terencana melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan SDM yang memiliki daya saing dan berguna dalam bidang arsitektur, di tingkat regional Bali-Nusra, dan nasional.
  2. Prodi Arsitektur FT Undwi sebagai satuan pendidikan Program Sarjana (S-1) yang berkomitmen dan konsisten melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang berlaku.

 

Prodi Arsitektur yang Berbudaya

  1. Prodi Arsitektur FT Undwi dalam melaksanakan proses pembelajaran berlandaskan pada nilai-nilai budaya luhur dengan memperhatikan nilai-nilai budaya regional serta menoleransi keberagaman budaya.
  2. Prodi Arsitektur FT Undwi sebagai satuan pendidikan berkomitmen menghasilkan SDM yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dan mampu berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Prodi Arsitektur yang Mandiri

  1. Prodi Arsitektur FT Undwi berkomitmen untuk menghasilkan SDM yang memiliki kepribadian tangguh, percaya diri, serta mampu mengembangkan diri secara pribadi yang mandiri.
  2. Prodi Arsitektur FT Undwi sebagai satuan pendidikan memiliki otonomi dalam berbagai aspek, terutama dalam mengembangkan ilmu arsitektur.

 

  • Misi Program Studi Arsitektur Undwi:
  1. Mengembangkan sumber daya insani yang berguna di bidang keteknikan (arsitektur) melalui penyelenggaraan pendidikan akademik yang berkualitas.
  2. Mengembangkan arsitektur melalui penelitian inovatif dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat pengguna, khususnya dibidang konservasi.
  3. Mengamalkan hasil pengembangan ilmu kepada masyarakat.

 

untuk selanjutnya silakan baca selengkapnya (diunduh) disini: VISI-MISI PS. ARSITEKTUR UNDWI

  1. 19 April 2017 pukul 05:56

    Dosen dan staff fakultas teknik universitas dwijendra sangat baik, ramah dan asik, bisa membaur dengan mahasiswa, bisa diajak bicara dari hati ke hati, menerima setiap keluhan dari mahasiswa lalu memberikan solusinya. Sampai dengan saat ini saya tidak pernah merasa ada kesulitan dalam perkuliahan yang telah saya tempuh. Dan yang membanggakan Fakultas Teknik Undwi satu satunya yang mendalami tentang ilmu arsitektur tradisional bali.

  2. I Ketut Cenik Adiartana
    20 April 2017 pukul 02:44

    semoga bisa terwujud visi dan misi yang telah dicanangkan yang tetap berlandaskan budaya dan kearifan lokal

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: